Risk Management Series

ERM Fundamentals for BUMN (with ERMAP, ERMCP, QRMO, QRMA and QRMP Certifications)

Sesuai dengan PER-2/MBU/03/2023

Dasar Manajemen Risiko

Program ERM Fundamentals for BUMN (with ERMAP, ERMCP, QRMO, QRMA and QRMP Certifications) secara khusus membahas pemahaman dasar dari Manajemen Risiko berbasis ISO 31000.

Program ini akan membantu para peserta memahami tiga bagian dasar Manajemen Risiko, yaitu: prinsip-prinsipkerangka kerja dan proses Manajemen Risiko. Dengan memahami hal-hal tersebut, maka para peserta akan dapat berperan serta dalam penerapan Manajemen Risiko di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai dengan PER-2/MBU/03/2023.

Registrasi Program

2-5 Juli 2024 | Hybrid (Online/Onsite) in Bandung
Pelatihan: 2-4 Jul 2024
Ujian Sertifikasi: 5 Jul 2024

10-13 September 2024 | Hybrid (Online/Onsite) in Bandung
Pelatihan: 10-12 Sep 2024
Ujian Sertifikasi: 13 Sep 2024

2-9 Desember 2024 | Hybrid (Online/Onsite) in Bali
Pelatihan: 2-4 Des 2024
Ujian Sertifikasi: 9 Des 2024

Hubungi Sekretariat CRMS untuk mendapatkan informasi lebih lanjut melalui:
Telepon: 022-87301035
HP/WA: 0811 22 333 075
E-mail: secretariat@crmsindonesia.org

Pelatihan dan materi menarik. Menambah pengetahuan sekalipun sudah menekuni bidang risk selama bertahun-tahun. Saya mendapat banyak upgrade dari program ini.

Sangat berkesan. Materi yg diberikan sangat menarik dan bermanfaat dalam menunjang peningkatan kemampuan kerja terutama di bidang manajemen risiko.

Sangat seru. Pembelajarannya tidak hanya teori, namun juga terjun ke implementasinya.

Pelatihan dari CRMS menarik dan sangat interaktif.

Pelatihannya sangat menarik, diselingi dengan beberapa games yang dapat membantu pemahaman kami. Sangat membantu dalam mengaplikasikan proses manajemen risiko.

Pelatihan ini dapat diikuti oleh semua level di organisasi yang ingin menerapkan manajemen risiko, mulai dari komisaris dan direksi, hingga jabatan-jabatan di bawahnya.

Untuk kami di perbankan, memang sudah ada regulasi yang mengatur. Meskipun begitu, banyak sekali manfaat pelatihan ini bagi kami untuk mengukur risiko di perusahaan.

Pelatihan ini bermanfaat sekali karena saya baru pertama kali terjun di manajemen risiko. Setelah mengikuti pelatihan ini, saya mendapatkan beberapa masukan baru yang belum pernah saya ketahui.

Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas bagi para risk owner di perusahaan kami dalam menanggulangi risiko-risiko yang dihadapi.

Pelatihan ini sangat baik sekali menurut saya untuk pengembangan Risk Management ke depannya, terutama di industri asuransi.

Frequently Asked Questions

Apa perbedaan program "QRMO/QRMA Training and Certification" dengan "ERM Fundamentals (with QRMO, QRMA, ERMAP, and ERMCP Certifications)"?

  1. Pada “QRMO/QRMA Training and Certification” materi lebih difokuskan pada pelatihan untuk persiapan ujian sertifikasi.
    Sedangkan pada “ERM Fundamentals (with QRMO, QRMA, ERMAP, and ERMCP Certifications)” materi akan lebih difokuskan pada pembahasan Manajemen Risiko secara komprehensif beserta pelatihan implementasinya sebelum persiapan ujian sertifikasi.
  2. Pada program “QRMO/QRMA Training and Certification” peserta harus mengikuti pelatihan dan ujian. Sedangkan pada “ERM Fundamentals (with QRMO, QRMA, ERMAP, and ERMCP Certifications)” peserta bisa memilih antara mengikuti pelatihannya saja atau dengan ujian sertifikasi.
  3. Pada program “QRMO/QRMA Training and Certification” pilihan skema sertifikasi hanya bisa 1 yaitu QRMO atau QRMA. Sedangkan pada “ERM Fundamentals (with QRMO, QRMA, ERMAP, and ERMCP Certifications)” selain mendapatkan skema sertifikasi QRMO atau QRMA, peserta juga berkesempatan untuk mengikuti dual sertifikasi QRMO ERMAP atau QRMA ERMAP.

Apa perbedaan dari QRMO, QRMA, ERMAP, ERMCP ?

QRMO & QRMA dikeluarkan oleh LSP MKS (Lembaga Sertifikasi Profesi Mitra Kalyana Sejahtera) dan sudah berlisensi BNSP (diakui resmi secara nasional). QRMO diperuntukkan bagi para entry level (mahasiswa yang baru lulus) atau staf di seluruh unit kerja yang berfungsi sebagai Risk Officer tingkat mula. QRMA diperuntukkan bagi para staf di seluruh unit kerja, staf penyelia, serta para asisten manajer, yang berfungsi sebagai Risk Officer tingkat madya/Risk Champion/Risk Taking Unit.

Sedangkan ERMAP dan ERMCP dikeluarkan oleh ERMA (ERM Academy) yang mana pemegang sertifikat ini sudah tersebar di berbagai negara dan diakui oleh para profesional ERM global. ERMAP diperuntukkan bagi para profesional yang memiliki pengalaman kerja kurang dari 3 tahun. ERMCP diperuntukkan bagi para profesional yang memiiliki pengalaman kerja lebih dari 3 tahun.