Traveling Aman di Tengah Terorisme yang Semakin Marak

Coba bayangkan berapa banyak serangan teroris yang telah Anda saksikan pada beberapa waktu belakangan ini? Tentunya kejadian-kejadian tersebut menimbulkan rasa takut dalam diri kita terutama bagi Anda yang telah mempunya rencana untuk melakukan perjalanan jauh ke tempat tujuan pilihan yang ternyata masuk ke dalam tempat-tempat berpotensi serangan teroris.

Bukan hanya segi waktu, menentukan tempat tujuan traveling memang membutuhkan pertimbangan cermat dalam beberapa waktu terakhir. Misalnya saja wilayah Eropa yang semakin terbatas karena adanya kasus serangan teroris yang baru-baru ini terjadi.  Karena bisa saja Anda mungkin harus melakukan perjalanan ke tempat lain untuk menghindari bahaya terperangkap dalam serangan teroris di tempat-tempat yang sibuk seperti pusat-pusat wisata dan bandara. Namun, jika kita memutuskan untuk tidak bepergian sama sekali, ini juga akan terdengar sangat menyenangkan bagi para teroris karena sesuai dengan tujuan utama mereka yaitu membuat hidup kita penuh teror dan semakin rumit.

Berikut ini adalah beberapa panduan sederhana bagaimana tetap melakukan traveling dengan pikiran yang tetap tenang tanpa rasa khawatir akan terorisme:

Cari Informasi Melalui Badan Pemerintahan
Sebagai contoh yaitu departemen luar negeri Amerika yang telah mengeluarkan peringatan bagi para traveler yang akan berpergian ke wilayah mereka. Cara terbaik untuk tetap melakukan perjalanan secara nyaman adalah dengan menghindari tempat-tempat yang dinilai berbahaya. Penting bagi kita untuk mempelajari apa saja yang patut dihindari selama perjalanan.

Gunakan Sumber Informasi yang Terpercaya
Anda harus menggunakan setidaknya lebih dari satu sumber informasi yang dapat dipercaya untuk perjalanan Anda. Sumber-sumber seperti internet, buku panduan terbaru dan media terkemuka adalah tempat di mana Anda bisa memperoleh pengetahuan dari destinasi perjalanan Anda.

Berikan Perhatian Lebih Pada Fakta dan Bukan Opini Semata
Di dunia ini, setiap orang memiliki pendapat. Begitu pula dalam beragam situasi, seseorang juga dapat terpaksa mengeluarkan pernyataan. Pastikan Anda memikirkan informasi yang tersedia sesuai keinginan Anda dan jangan berkonsentrasi pada opini negatif. Karena hal itu mungkin ditargetkan untuk mengalihkan perhatian Anda dan wisatawan lain agar tidak bepergian ke negara tertentu.

Pertimbangkan Risiko Perjalanan
Ingatlah selalu bahwa hidup adalah tentang risiko. Kapan pun Anda ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat, pertimbangkan faktor-faktor yang terlibat dan tentukan pilihan Anda dengan seksama. Jika perjalanan tersebut benar-benar berharga dan sebanding dengan risikonya, lebih baik Anda mencobanya.

Pastikan Anda Benar-Benar Membuat Pilihan yang Tepat
Carilah fakta dan dengarkan opini dari orang-orang yang ada di sekitar Anda. Jika Anda tidak nyaman dengan keputusan Anda, itu mungkin bukan keputusan terbaik. Jika Anda puas dengan pilihan Anda meskipun orang lain di sekitar resah, Anda dapat melanjutkan rencana perjalanan Anda.

Pergilah Ke Tempat yang Aman
Meskipun apapun bisa terjadi dimanapun Anda berada tetapi ada beberapa daerah yang memang telah ditandai sebagai daerah yang berpotensi untuk terorisme. Seperti yang dinyatakan di atas, Eropa adalah daerah yang sebaiknya Anda hindari untuk saat ini.  Anda tetap bisa mengatur perjalanan ke tempat lain dan tetap menikmati perjalanan Anda.

Berkomunikasilah dengan Orang yang Anda Cintai
Saat dalam perjalanan, beritahulah rekan terdekat dan orang-orang terkasih tentang perjalanan Anda. Manfaatkan berbagai aplikasi mobile untuk berkomunikasi dengan mereka. Pastikan Anda memperoleh bantuan perjalanan untuk mendapatkan perhatian medis yang cepat dan kebutuhan penting lainnya. Apalagi pendaftaran dengan konsulat atau kedutaan akan sangat penting jika Anda berada di wilayah yang dianggap berbahaya.

Sadar akan Keamanan Diri Anda
Miliki pemahaman tentang lingkungan sekitar Anda. Jangan melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan Anda. Pastikan pintu tempat Anda menginap terkunci, jangan berjalan sendiri di jalan yang sepi di malam hari. Jangan naik taksi yang tidak terdaftar dan selalu waspada. Jangan membawa terlalu banyak uang kontan dan gunakan kartu kredit untuk segala transaksi Anda. Jangan membawa paspor internasional asli Anda kemanapun Anda pergi. Dan yang terpenting adalah tidak mempercayai siapa pun dan nikmati perjalanan Anda.

Miliki Rencana Alternatif
Jika rencana Anda tidak sesuai rencana, pastikan Anda memiliki alternatif yang layak. Rencana lain dapat melibatkan bepergian ke lokasi atau negara lain.

Bersenang-senanglah dalam perjalanan Anda, mintalah pengalaman perjalanan dari orang lain dan yang terpenting selalu punya rencana perjalanan yang fleksibel.